Seconday Data

0
16.32.00

Pengertian

Secondary Data (Data Sekunder) adalah sebuah cara untuk mengumpulkan informasi untuk kepentingan sebuah studi yg bukan sedang dilakukan tetapi untuk beberapa tujuan lain. Data sekunder biasanya digunakan untuk mendukung data primer, maka dari itu kita tidak dapat hanya menggunakan data sekunder sebagai satu-satunya sumber informasi.
Data sekunder merupakan data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mencari dan mengumpulkan tetapi sumber data penelitian yang diperoleh dari media perantara atau secara tidak langsung yang berupa buku, catatan, bukti yang telah ada atau arsip baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan secara umum. Dengan kata lain, peneliti membutuhkan pengumpulan data dengan cara berkunjung ke perpustakaan, pusat kajian, pusat arsip, atau membaca banyak buku yang berhubungan dengan penelitiannya.
Data sekunder juga bisa diartikan sebagai data yang tidak langsung memberikan data kepada peneliti, misalnya peneliti harus melalui orang lain atau mencari melaui dokumen. Data ini juga diperoleh dengan menggunakan studi literatur yang dilakukan terhadap banyak buku dan diperoleh berdasarkan catatan-catatan yang berhubungan dengan penelitian, selain itu peneliti mempergunakan data yang diperoleh dari internet.

Jenis

1. Data Sekunder Internal didasarkan apabila penelitian dilakukan dalam suatu organisasi. Berarti data sekunder internal dapat kita peroleh dari dalam perusahaan seperti data dari suatu departement store yg terdiri dari data penjualan produk, cara pembayaran, jumlah pembelian, dll. 2. Data Sekunder Eksternal adalah data yang berasal dari luar organisasi dimana riset sedang dilakukan. Sumber eksternal dapat dibagi-bagi menjadi sumber yang secara teratur menerbitkan data-data statistik dan menyediakan gratis kepada para pengguna, contohnya : Internet.

Keuntungan

1. Kelebihan dari data sekunder adalah waktu yang dibutuhkan penelitian untuk mengklasifikasi permasalahan dan mengevaluasi data relatif lebih sedikit dibangdingkan dengan pengumpulan data primer.
2. Efisien dalam hal waktu dan biaya, karena kita hanya perlu mencari ke tempat umum seperti perpustakaan atau browsing di internet untuk menentukan sumber yang sesuai serta mencatat dan mengambil informasi yg dicari atau diperlukan.
3. Digunakan untuk membantu merumuskan permasalahan dan dapat digunakan untuk melakukan perbandingan terhadap data primer sehingga dapat di evaluasi dan di interpretasikan.
4. Melingkupi skala Nasional dan Internasional
Data dapat diperoleh melalui lembaga survey contohnya : BPS
5. Berguna dalam membantu identifikasi masalah
6. Bermanfaat dalam mendukung perumusan masalah riset secara lebih akurat.
7. Menjawab pertanyaan riset tertentu dan menguji beberapa hipotesis

Kerugian

1. Terkadang data sekunder tidak dapat atau kurang dapat memenuhi tujuan penelitian.
2. Data yang terkumpul atau dikumpulkan berbeda dengan tujuan penelitian yg sedang dilakukan
3. Pengambilan keputusan tidak akurat, padahal sumber data sekunder memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pengumpulannya.
4. Belum tentu relevan untuk kebutuhan riset, misalkan periode waktu

Prosedur Pengumpulan

1. Wawancara atau interview adalah sebuah cara untuk memperoleh informasi dari yg di wawancarai dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan seperti dialog.
2. Kuisione atau Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang diketahui.
3. Obeservasi adalah cara pengambilan data dengan pengamatan langsung yang dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh alat indera. Kuisioner dibagi menjadi dua, yaitu :
  • Kuisioner Terbuka : Kuisioner yang memberi kesempatan kepada responden untuk menjawab dengan kalimat sendiri.
  • Kuisioner Tertutup : Kuisioner yang sudah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih.

Evaluasi

- Spesifikasi : Berdasarkan metodologi yang digunakan dalam menghimpun data tersebut
- Error : Keakuratan data
- Currency : Perhatikan waktu penghimpunan data. Apakah data using atau masih bisa digunakan berdasarkan rentang batasan waktu
- Objective : Tujuan data tersebut dikumpulkan oleh penghimpunnya
- Dependability : Perhatikan secara keseluruhan bagaimana reputasi, kredebilitas, dan asal muasal data tersebut.

Sumber : http://hendri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15730/DATA+SEKUNDER.pdf
books.google.co.id (Aplikasi Praktis Riset Pemasaran)
books.google.co.id (Riset Bisnis Panduan Bagi Praktisi & Akademisi)

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: